RSS

TEH CELUP DAUN SIRSAK (Annona muricata L) SEBAGAI MINUMAN INSTAN ANTIKANKER KAYA ANTIOKSIDAN

18 Dec

Arief Noviartara, Galih Dian Setyaningrum, Herlinda Kusuma W
Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar antioksidan teh celup dari daun sirsak sebagai antikanker dan untuk mengetahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap teh celup daun sirsak. Metode yang digunakan memiliki lima tahapan yaitu 1). Preparasi daun sirsak, 2). Pembuatan teh celup daun sirsak, 3). Pengemasan teh celup daun sirsak, 4). Uji kadar antioksidan teh celup daun sirsak, 5).Uji organoleptik. Hasil penelitian ini yaitu kadar antioksidan teh daun sirsak aroma melati (53,768%) lebih tinggi dibandingkan kadar antioksidan teh daun sirsak original (52,3188%).Namun, kadar antioksidan kedua produk teh tersebut masih lebih rendah dibanding dengan kadar antioksidan daun sirsak kering, yaitu 57,7956%. Variasi teh celup yang lebih disukai responden dengan menilai aspek rasa, aroma dan warna adalah teh celup aroma melati. Teh celup daun sirsak dapat dijadikan minuman instan antikanker kaya antioksidan karena memiliki kadar antioksidan lebih dari 50%.

Kata Kunci : Teh celup, daun sirsak, antikanker, kadar antioksidan

PENDAHULUAN
Indonesia memiliki kekayaan sumber daya hayati terbesar kedua setelah Brazil dengan lebih dari 28.000 spesies tanaman. Meskipun demikian, baru sekitar 1.000 spesies tanaman yang terdaftar dalam Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang telah digunakan untuk memproduksi pangan fungsional, terutama untuk jamu (Pradono et al.,2006). Sirsak (Annona muricata L) merupakan tanaman buah yang hampir tiap bagiannya dapat dimanfaatkan. Potensi sirsak tidak hanya pada bagian buahnya saja, tetapi beberapa bagian tanaman mulai bunga, daun, buah, biji, kulit dan akar dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Komponen kimia yang terkandung pada daun sirsak antara lain : saponin, flavonoid, tanin, kalsium, fosfor, hirat arang, vitamin (A,B dan C), fitosterol, ca-oksalat dan alkaloid murisine (Yellia Mangan, 2009). Di antara unsur materi ini, acetogenins annonaceous, diketahui memiliki aktivitas antikanker kuat, dianggap sebagai prinsip aktif utama. Annonaceous acetogenins, kelas yang agak baru dari senyawa alam hanya terisolasi dari Annonaceae, biasanya C 35-C 37 turunan asam lemak menghubungkan sejumlah variabel Tetrahidrofuran (THF) atau Tetrahydropryan (THP) dan gugus cincin lakton terminal (http://www.freepatentsonline.com/y2003/0144348.html).
Seorang peneliti dari Sekolah Farmasi Purdue University, Indiana, Amerika Serikat, Jerry L. Mclaughlin telah melakukan riset terhadap daun sirsak yang diambil dari Garut, Jawa Barat. Hasil risetnya membuktikan bahwa Daun Sirsak atau Annona Muricata manjur mengatasi tujuh sel kanker. Jenis kanker yang bisa diatasi oleh Daun Sirsak antara lain kanker rahim, kanker prostat, kanker serviks, kanker paru-paru, ginjal, pankreas, dan kanker usus besar. Dalam hasil riset lain, Daun Sirsak juga terbukti dapat membunuh sel-sel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibanding adriamycin dan kemoterapi (http://id.shvoong.com)
Seiring berkembangnya jaman, tanaman herbal sekarang menjadi tren yang positif bagi masyarakat yang peduli akan kesehatan terutama masyarakat perkotaan namun sayang keterbatasaan waktu dan sarana membuat penggunaan tanaman ini menjadi terbatas. Dengan memformulasikan tanaman herbal tersebut menjadi teh celup yang siap saji menjadi alternatif bagi konsumen. Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : 1) Berapakah kadar antioksidan teh celup dari daun sirsak sebagai minuman instan antikanker? 2) Bagaimanakah tingkat penerimaan masyarakat terhadap teh celup daun sirsak?
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kadar antioksidan teh celup dari daun sirsak sebagai antikanker dan untuk mengetahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap teh celup daun sirsak. Adapun hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat antara lain : 1) Mengetahui kegunaan daun sirsak sebagai obat antikanker. 2) Memberikan alternatif obat antikanker.

 
Leave a comment

Posted by on December 18, 2012 in Aplikasi Kimia

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: