RSS

Materi Kelas XI : Teori Atom Mekanika Kuantum (part 1)

19 Dec

1. Radiasi Elektromagnetik.
Sinar matahari, sinar X, gelombang radio merupakan contoh radiasi elektromagnetik. Semua radiasi elektromagnetik merambat dengan kecepatan yang sama, tetapi berbeda panjang gelombang dan frekuensinya. Radiasi elektromagnetik memiliki spektrum yang lebar, sehingga lazimnya dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yaitu sinar gamma, sinar X, sinar UV, cahaya tampak (visible), infra merah, gelombang mikro dan gelombang radio.
2. Spektrum Atom
– Spektrum kontinu, contohnya pelangi.
– Spektrum diskontinu, contohnya lampu hidrogen hanya mengandung beberapa garis warna secara terputus, yaitu ungu, biru, merah.
3. Teori Kuantum Max Planck
Menurut Planck, radiasi elektromagnetik tidak bersifat kontinu, artinya suatu benda hanya dapat memancarkan atau menyerap radiasi elektromagnetik dalam ukuran paket-paket kecil dengan nilai tertentu yang disebut kuantum.Analogi perbedaan antara kontinu dan diskontinu dapat dilihat air dari ember dan air hujan atau menaikkan benda dari lantai bawah ke lantai atas yang dipisahkan oleh bidang miring dan yang dipisahkan dengan anak tangga. Teori Max Planck tentang kuantisasi energi radiasi tidak menghilangkanradiasi elektromagnetiksebagai gelombang, sehingga ada dualisme sifat radiasi, yaitu sebagai gelombang sekaligus sebagai partikel. Hal ini didukung oleh fakta efek fotolistrik.
4. Kelemahan Model Atom Niels Bohr
Niels Bohr menerapkan tori Max Planck tentang kuantisasi energi. Bohr berhasil menjelaskan spektrum atom gas hidrogen dengan postulat :
– Elektron dalam atom hanya dapat beredar pada lintasan dengan tingkat energi tertentu.
– Pada lintasan yang diijinkan, elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
– Perpindahan elektron dari tingkat satu ke tingkat yang lain disertai dengan penyerapan atau pelepasan sejumlah energi.
Kelemahan Niels Bohr : tidak dapat menjelaskan spektrum dari atom yang lebih kompleks.
5. Hipotesis Louis de Broglie
De Brolie mampu menjawab kelemahan Bohr tentang mengapa elektron hanya boleh berada pada tingkat energi tetentu. Ia mengemukakan gagasan tentang gelombang materi. Gerakan partikel mempunyai ciri-ciri gelombang.Hipotesis de Broglie terbukti ketika ditemukan bahwa elektron menunjukkan sifat difraksi seperti halnya sinar X.
6. Asas Ketidakpastian Werner Heisenberg
Werner Heisenber mengajukan asas ketidakpastian yang menyatakan bahwa tidak ada metode percobaan yang dapat dilakukan untuk menentukan posisi sekaligus kecepatan elektron dengan ketelitian tinggi.
7. Model Atom Mekanika Kuantum
Teori atom mekanika kuantum atau mekanika gelombang dikemukakan oleh Erwin Schrődinger (1972). Menurut model atom mekanika gelombang, elektron mempunyai dua sifat yaitu sifat gelombang dan sifat materi, sehingga sering disebut dengan sifat dualisme partikel gelombang. Prinsip dasar dari teori ini adalah gerakan elektron dalam mengelilingi inti atom dan bersifat gelombang. Titik-titik persebaran elektron dinamakan awan elektron atau orbital. Orbital adalah daerah yang mempunyai kebolehjadian teersebar ditemukannya.

 
Leave a comment

Posted by on December 19, 2012 in Kimia

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: